AFI

HMPS AFI Selenggarakan Bedah Buku “Rasionalitas Mistik dalam Filsafat Khudi Muhammad Iqbal” Karya Raha Bistara, M. Ag.

HMPS AFI Selenggarakan Bedah Buku “Rasionalitas Mistik dalam Filsafat Khudi Muhammad Iqbal” Karya Raha Bistara, M. Ag.

Sukoharjo (21/5) Bedah Buku “Rasionalitas Mistik dalam Filsafat Khudi Muhammad Iqbal” karya Raha Bistara, M. Ag dirayakan oleh HMPS Aqidah dan Filsafat Islam. Mengundang langsung penulis buku tersebut dan menyajikan 2 pembanding sebagai penyuguh perspektif baru. Acara tersebut digelar di Café Je lm UIN Raden Mas Said pada Sabtu, 22 Mei 2022.

Perayakan tersebut dihadiri oleh berbagai mahasiswa lintas jurusan dan angkatan. Buku yang dicetak dari tesis penulis ini berlandaskan pada pergolakan intelektual penulis yang melihat kemunduran umat Islam. “Kemunduran umat islam bagi iqbal, adalah sebuah ketidakmampuan Islam untuk mempersembahkan eksistensi dirinya.”  tutur penulis.

Pada pemaparan pembanding pertama yang dibawakan oleh Rojif Mualim, M. Pd yang tidak hanya hanya memuji karya tersebut namun juga melontarkan kritik atas karya tersebut. Rojif Mualim dalam pemaparannya juga menyinggung keutamaan-keutamaan manusia yang dikontekstualisasikan dengan filsafat Khudinya Iqbal. Pola komparasi atas eksistensialisme barat dan timur juga disinggung oleh pembanding kedua yang dibawakan oleh Agus Wahyudi, S. Ag. M, Psi.

Dialog interaktif antar peserta-pemateri juga menarik untuk disimak terutama pertanyaan Sdr. Safila Akbar yang menyinggung ormas besar Indonesia dan kemunculan Islam puritan yang dikontekstualisasikan dengan filsafat Ego nya Iqbal. Tidak hanya itu, pertanyaan lainnya juga menarik untuk disimak dan terbilang asyik untuk didiskusikan kembali.

Sebagai penutup acara, Raha Bistara sebagai penulis dan pemateri pada acara kala itu menegaskan bahwa Mistik dan Rasionalitas perlu diseimbangkan agar dapat membangun peradaban Islam dan meraih kembali era keemasan Islam masa lalu. [SDH]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*