AFI

Mahasiswa AFI ikuti Praktikum ‘Filsafat Islam Jawa’ ke Puro Mangkunegaran Surakarta

Mahasiswa AFI ikuti Praktikum ‘Filsafat Islam Jawa’ ke Puro Mangkunegaran Surakarta

Surakarta, (21/4). Sebagai distingsi keilmuan program studi, Filsafat Islam Jawa juga diajarkan melalui mata kuliah khusus yang ada di Prodi Aqidah dan Filsafat Islam. Dalam rangka memperkaya wawasan tersebut, Dra. Hj. Siti Nurlaili M, M.Hum. menggelar Praktikum ke Puro Mangkunegaran Surakarta pada hari Kamis, 21 April 2022.

Praktikum yang berlangsung lancar dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB tersebut didampingi oleh Koordinator Program Studi Alfina Hidayah, M.Phil. dan diikuti oleh seluruh mahasiswa AFI UIN Raden Mas Said yang sedang mempelajari mata kuliah Filsafat Islam Jawa, yaitu mahasiswa semester 6 angkatan 2019 dan beberapa mahasiswa dari angkatan lain.

Kraton selain merupakan istana juga sebagai salah satu pusat kebudayaan menyimpan nilai sakralitas tersendiri. Pasalnya kraton dipandang tidak hanya sebagai landmark saja, namun dipandang sebagai tonggak sejarah pergolakan hebat kebudayaan. Sebagai sebuah istana, Mangkunegaran lebih sering disebut Puro karena beberapa alasannya seperti tidak memiliki alun-alun kidul (selatan) maupun lor (utara) sebagaimana kraton lainnya.

Kegiatan Praktikum yang mengupas kilas balik sejarah awal kerajaan Islam di Jawa hingga makna islami-filosofis dari bangunan disuguhkan oleh Pak Purwanto sebagai pemandu kegiatan tersebut. Tidak hanya itu, pemaparan mendalam berbagai benda-benda khusus Kerajaan pun turut dituturkan beliau. Selain itu, mahasiswa juga juga diajak untuk mengunjungi perpustakaan Puro Mangkunegaran. Perpustakaan yang dibangun pada 11 Agustus 1867 oleh KGPAA Mangkunegoro IV dinamakan Perpustakaan Rekso Pustoko. Perpustakaan tersebut menyuguhkan berbagai literatur klasik dengan berbagai bahasa, dari aksara jawa, arab pegon, lontara dan lain-lain.

Dalam mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi obat bius bagi mahasiswa AFI untuk tetap mengkaji dan mempelajari Islam yang dihadirkan melalui budaya, tradisi, dan adat istiadat atau kearifan lokal. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*