AFI

HMPS AFI Bersama Komunitas Dianoia Menggemakan Kembali Gagasan Marx Lewat Diskusi

HMPS AFI Bersama Komunitas Dianoia Menggemakan Kembali Gagasan Marx Lewat Diskusi

Sukoharjo (1/4) HMPS AFI menggandeng kembali Komunitas Dianoia dengan menyelenggarakan Diskusi yang bertajuk “Menelisik Pemikiran Marx” yang dipantik langsung  oleh Mario Prakoso pada jumat 1/4 lalu di Cafee Je Lm UIN Raden Mas Said Surakarta.

Diskusi kali ini menyuguhkan tema yang dinanti para penikmat gerakan-gerakan sosial. Pasalnya, tokoh yang menjadi pembahasan kali ini memiliki ide besar yang pemikirannya subuh di hampir seluruh bangsa sekalipun itu negara maju. Diskusi dibuka oleh Satrio Haryono yang sedikit mengulas gagasan-gagasan Marx yang sangat subur di sebagian kalangan dan banyak menuai cercaan di sebagian kalangan yang lain. Mario Prakoso sebagai pemantik diskusi ini mengawali dengan berbagai tokoh yang memengaruhi pemikiran Marx, antara lain Hegel, Feuerbach, dan beberapa pemikir sosialis lainnya. 

Setelah mengawali dengan pemikir-pemikir yang memengaruhi jalan pikiran Marx, pemantik mulai mengurai pemikiran Marx secara rinci dan menkontekstualisasikan gagasan Marx. Terlebih paparannya tentang musuh besar kaum tertindas yakni Kapitalisme yang semakin kesini semakin tidak terlihat dan menyelinap masuk ke berbagai bidang seperti pendidikan, budaya, negara, agama dan lain-lain. Dialog interaktif juga tersaji dalam diskusi kali ini. Pembawaan yang apik oleh pemateri tidak hanya mengutarakan gagasan-gagasan Marx namun juga para pemikir Neo-Marxis.

Seperti biasanya, diskusi ditutup tetap sebelum adzan Magrib. Diskusi kali ini cukup sukses dengan hidupnya kesadaran para peserta bahwa ada hal yang tidak baik saja diluar sana yang dibungkus dengan berbagai ihwal yang mengatasnamakan kebaikan. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*