AFI

HMPS AFI Gelar Workshop Kepenulisan

HMPS AFI Gelar Workshop Kepenulisan

Boyolali (19/3), HMPS AFI UIN Raden Mas Said menggelar workshop kepenulisan pada 19-20 Maret 2022. Dalam gelaran Workshop Kepenulisan, HMPS bertandang ke kota Susu, Boyolali. Gelaran tersebut dihadiri oleh Mahasiswa AFI dari berbagai lapisan angkatan.

Acara ini dibingkai rapi oleh para panitia dan mendatangkan pemateri dari dosen AFI UIN Raden Mas Said Surakarta, yakni Raha Bistara, M.Ag.Workshop Kepenulisan yang digelar HMPS AFI disambut gemilang oleh para peserta yang berasal dari program studi Aqidah dan Filsafat Islam. Uniknya, workshop ini sebagian besar dihadiri dari Mahasiswa AFI yang masih tergolong muda, yakni angkatan 21 atau semester 2.

Workshop kepenulisan ini membedah kiat-kiat dan tips-trik membuat essay, yang mana workshop kali ini membuat suatu essay ilmiah panjang. Acara ini diadakan di SD NU I`jazul Qu`ran pada 19-20 Maret 2022.Untuk membakar semangat para peserta, pemateri mengutip perkataan Armin Martajasa, “ Jika kamu ingin mengenal dunia maka membacalah, dan jika kamu ingin dikenal dunia maka menulislah” .

Pagelaran ini dibagi menjadi 3 sesi, yakni pertama kali ialah diskusi antara pemateri dengan peserta mengenai apa yang telah dibaca dan apa yang akan dituliskan. Kedua, pemaparan materi yang langsung dibawakan oleh Raha Bistara M.Ag. Ketiga, penulisan essay yang dilakukan para peserta. Uniknya, pada sesi ketiga para peserta menyelesaikannya dengan cukup cepat, yakni hanya sekali duduk dapat menyelesaikan essay Panjang.

Workshop ini berencana akan ditabulasikan menjadi satu dan akan diterbitkan menjadi buku kumpulan essay.Acara ini ditutup pada hari kedua, yakni pada hari minggu 20 Maret 2022. Acara seperti ini diharapkan menjadi obat bagi penyakit-penyakit alergi terhadap literasi yang kian semakin ganas menyerang kesadaran literasi mahasiswa. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*