AFI

Diskusi HMPS AFI X Komunitas Dianoia Bertemakan Sosiologi Agama

Diskusi HMPS AFI X Komunitas Dianoia Bertemakan Sosiologi Agama

Sukoharjo (18/3) HMPS AFI berkolaborasi kembali dengan Komunitas Dianoia pada diskusi yang bertemakan “Sosiologi Agama” di Jona Caffee pada Jum’at 18/3.

Diskusi kali ini mengangkat tema “Sosiologi Agama” yang dibawakan langsung oleh Ruwanda Saputro salah satu mahasiswa UNS prodi Sosiologi dan Antropologi. Pada kali ini, Sosiologi Agama menjadi tema besar yang membedah 3 tokoh besar sosiologi agama yakni Emile Durkheim, Karl Marx, dan Max Weber.

Diskusi sore itu berjalan sangat anget dengan berbagai dialog interaktif antara pemateri dengan peserta maupun antara peserta dengan peserta. Pasalnya, Sosiologi sebagai ilmu yang membahas hubungan relasi manusia jarang mendapatkan perhatian bagi kalangan mahasiswa UIN Raden Mas Said yang notabene peserta diskusi banyak dihadiri dari kampus tersebut.

Pemateri memaparkan bahwa Sosiologi ialah ilmu yang mengkaji suatu barang yang terlihat atau materi, jadi segala barang yang tidak terlihat atau immateri tidak menjadi kajian sosiologi. Akan tetapi, Sosiologi agama bukan mengkaji agama secara teologis, melainkan mengkaji suatu fenomena masyarakat beragama.

pada akhir diskusi, pemateri memaparkan bahwa Sosiologi itu secara tidak langsung mengafirmasi rasisme eropa dengan cara melakukan penelitian terhadap agama-agama atau masyarakat-masyarakat timur yang dipenuhi dengan ciri yang bertentangan dengan barat yang berkemajuan.

Diskusi sore itu cukup menarik dengan dialog interaktif dan pemaparan materi yang sangat membuka perspektif baru bagi para peserta. Diskusi berakhir pada pukul 18.00 bersamaan dengan adzan magrib berkumandang.[hmps22]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*