AFI

BEKERJASAMA DENGAN RBK, HMPS AFI GELAR SARASEHAN DENGAN TEMA SISTEM PENANGGALAN JAWA

BEKERJASAMA DENGAN RBK, HMPS AFI GELAR SARASEHAN DENGAN TEMA SISTEM PENANGGALAN JAWA

Sukoharjo, 15/11/21 – Himpunan Mahasiswa Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta bekerjasama dengan Rumah Budaya Kratonan (RBK) Surakarta selenggarakan kegiatan sarasehan berjudul “Sistem Penanggalan Jawa” pada hari Senin, 15 November 2021. Acara yang dilaksanakan secara luring di Aula Fakultas dengan puluhan peserta dari mahasiswa AFI tersebut juga dapat disaksikan oleh masyarakat luas karena disiarkan langsung melalui Kanal Youtube Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.  

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Dr. Islah, M.Ag, dalam sambutannya beliau memberi pesan kepada peserta sarasehan bahwa peradaban yang maju adalah peradaban yang tidak melupakan sejarahnya. Acara inti kemudian dilanjutkan sarasehan dengan narasumber Drs. KRT. Supardjo Hadinagoro, M.Hum. (PUI Javanologi Universitas Sebelas Maret Surakarta). Beberapa materi yang disampaikan meliputi riwayat kalender Jawa serta perbedaan kalender Jawa dan kalender Hijriyah.

Diantara perbedaan yang disampaikan oleh narasumber tersebut adalah pada kalender Jawa mempunyai 3 tahun panjang/kabisat dalam 1 windu (8 tahun), sedang dalam kalender Hijriyah dalam 30 tahun mempunyai 11 tahun Kabisat. Kelipatan pembagian terkecil dari windu 8 tahun dan 30 tahun adalah 120 tahun. Pada tahun Jawa dalam 120 tahun ada 120/8 x 3 = 45 tahun Kabisat, sementara dalam tahun Hijriyah ada 120/30 x 11 = 44 tahun Kabisat. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*