AFI

AFI Kembali Gelar Seminar Internasional pada Tahun 2021

AFI Kembali Gelar Seminar Internasional pada Tahun 2021

Sukoharjo, 6/10/21 – Mengikuti kesuksesannya pada Seminar Internasional tahun lalu, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta kembali menggelar Seminar Internasional pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 yang dilaksanakan secara langsung dari Aula Fakultas sekaligus virtual melalui media Zoom.

Tema yang diusung adalah “Pandemi Covid-19 dan Masa Depan Keilmuan Islam dalam Konstelasi Pendidikan Tinggi Global” (The Covid-19 Pandemic and the Future of Islamic Studies in Global Higher Education Constellation). Pada  acara tersebut diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Islah, M.Ag. kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. sekaligus membuka acara Seminar Internasional.

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber pertama Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin , M.Hum., Ph.D of Arts. dari Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta menyampaikan pemaparan berjudul “Literasi Pandemi Covid-19 Berparadigma Filsafat Pancasila dan Masa Depan Keilmuan Islam dalam Konstelasi Pendidikan Tinggi Global”. Narasumber kedua yaitu Assoc. Prof. Dr. Anis Malik Thoha dari Universiti Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam dengan judul materi “Prospect of Islamic Knowledge in the Constellation of Global Education”. Sedangkan Narasumber ketiga adalah Dr. Raden Lukman Fauroni, S.Ag., M.Ag. dari Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta dengan materi berjudul “Bagaimana Menghadirkan Keilmuan yang ‘Bener tur Pener’ juga Terpercaya”.

Pada seminar yang di moderatori oleh Alfina Hidayah, M.Phil. tersebut dihadiri oleh sekitar 40 mahasiswa secara langsung di Aula Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan, sedangkan para peserta yang hadir secara virtual melalui media Zoom berjumlah lebih dari 100 peserta yang diantaranya terdiri dari mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam maupun dari luar Program Studi serta dosen dari berbagai Perguruan Tinggi dan peserta umum. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*