AFI

AFI Terbitkan “Memayu Hayuning Bawana”, Catatan Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19

AFI Terbitkan “Memayu Hayuning Bawana”, Catatan Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19

Sukoharjo, 28/9/21 – Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta telah terbitkan sebuah buku berjudul “Memayu Hayuning Bawana” yang merupakan kumpulan catatan 40 mahasiswa selama mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2020 pada saat pandemi Covid-19 dari lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dengan harapan mahasiswa dapat berlatih menangkap fenomena-fenomena sosial budaya maupun keagamaan di lingkungannya selama pelaksanaan KKL dari rumah.

Memangku Hayuning Bawana dipilih sebagai judul buku ini sebagai refleksi dari filosofi Jawa dengan makna memperindah keindahan dunia termasuk dalam kondisi Pandemi Covid-19. Karena ditengah-tengah kondisi pandemi, pada akhirnya seluruh manusia berupaya melindungi keselamatan fisiknya juga spiritualnya. Oleh karena itu, dengan Memangku Hayuning Bawana diharapkan manusia dapat bersikap lebih arif atau bijak terhadap diri sendiri, lingkungannya, dan juga hubungannya dengan Sang Maha Kuasa.

Tepat pada hari Selasa, 28 September 2021 penyerahan buku “Memayu Hayuning Bawana” kepada Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta oleh Kaprodi Aqidah dan Filsafat Islam Dra. Hj. Siti Nurlaili Muhadiyatiningsih, M.Hum. sebagai laporan kegiatan Program Studi serta kontribusi karya tulis mahasiswa kepada Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*