AFI

Mahasiswa AFI Pelajari Terapi Spiritual di PP Darul Afkar

Mahasiswa AFI Pelajari Terapi Spiritual di PP Darul Afkar

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah progam jurusan Akidah dan Filsafat Islam tahun 2021 dilakukan di berbagai lembaga, salah satunya yaitu bertempat di Ponpes Darul Akfar di Tegal Rejo 01/06 Ceper Klaten. Ada 3 mahasiswa yang ditempatkan di Ponpes Darul Afkar untuk melaksanakan kegiatan PPL. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu dimulai pada tanggal 11 September 2021 sampai tanggal 25 September 2021.

          Kegiatan PPL ini diawali dengan penyerahan mahasiswa PPL oleh Dra. Hj. Siti Nurlaili. M, M. Hum. Selaku Kepala Prodi Akidah Filsafat Islam dan di dampingi oleh Alfina Hidayah,M. Phil. Selaku dosen pembimbing kepada pimpinan dan penanggung jawab Pondok Darul Afkar yaitu Prof. Dr. KH. Syamsul Bakri, M. Ag pada hari Sabtu, 11 September 2021 pukul 16:00 WIB bertempat di Ponpes Darul Afkar.

Dalam rangka kegiatan PPL tersebut, mahasiswa yang tergabung tidak diwajibkan untuk menginap di ponpes Darul Afkar. Kegiatan dipondok Darul Afkar tidak dilaksanan setiap hari namun hanya di hari tertentu saja. “kegiatan yang paling pokok disini hanya dilaksanakan di hari selasa, jumat dan minggu itupun berlangsung dimalam hari. Karena setiap santri disini memiliki kesibukan tersendiri setiap pagi dan siang harinya.” Ujar Kyai.           Pada hari minggu, 12 September 2021 mahasiswa mengikuti kegiatan kajian rutin Pondok Darul Afkar berupa kajian Buku Ihya Ullumuddin karya Imam Al-Ghazali. Kajian ini diadakan pukul 20:30 WIB sampai selesai yang terbuka untuk umum. Selain para santri, banyak antusias dari masyarakat umum yang mengikuti kegiatan kajian ini. Kajian  Kitab ihya Ulumuddin sendiri membahaa tentang kaidah dan prinsip dalam penyucian jiwa yang menyeru pada kebersihan jiwa, sifat takwa, konsep zuhud, merawat hati dan jiwaserta senantiasa menanamkan sifat ikhlas di dalam kehidupan dan beragama.

          Pada hari selasa, 14 September 2021 kegiatan kajian rutin berupa ngaji dan dzikir bersama yang seharusnya dilaksanakan  harus diliburkan karena suatu hal dan cuaca yang tidak mendukung. Karena kegiatan kajian yang ditunda mahasiswa melakukan konsultasi terhadap para santri mengenai skema PPL dan Perkuliahan yang berlangsung. Para santri sendiri pada umumnya merupakan lulusan dari IAIN Surakarta (sebelum berganti nama menjadi UIN Raden Mas Said) yang menetap dipondok Darul Afkar. Selain mengikuti kegiatan pondok mayoritas aktivitas santri adalah berprofesi sebagai guru. Maka dari itu kegiatan dipondok dilakukan setiap malam. Serta menarik minat masyarakat umum untuk mengikuti kegiatan pondok karna saat malam hari aktivitas masyarakat pada umumnya senggang.

          Pada hari Jumat, 17 September 2021 pukul 20:30 mahasiswa mengikuti kegiatan rutin berupa Sufi Healing atau Psikoterapi. Kegiatan ini bersifat terbuka untuk umum, karena itu banyak masyarakat setempat yang mengikuti kegiatan ini bahkan ada yang dari luar daerah. Sufi healing adalah sebuah terapi dengan menggunakan metode tasawuf reiki. Yaitu sebuah meditasi yang dipimpin oleh Kyai mengunakan perantara musik untuk membuat pasien menjadi rileks sehingga dapat mencapai alam bawah sadar yang kemudian disalurkan energi-energi positif untuk menghilangkan energi negatif yang terdapat didalam tubuh.

Selain mengikuti Kegiatan Psikoterapi mahasiswa juga melakukan wawancara terhadap para peserta terapi guna mengetahui tujuan dan manfaat dari sufi healing. Tentunya setiap orang pasti memiliki efek dan manfaat yang berbeda setelah mengikuti kegiatan psikoterapi. Hal ini dipengaruhi oleh niat, keseriusan, dan kekhusyukan para peserta psikoterapi. [FAP]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*