AFI

Mahasiswa AFI Melakukan Pengayaan Metode Belajar dan Pembekalan Mental Mengajar di Pondok Pesantren Walisongo

Mahasiswa AFI Melakukan Pengayaan Metode Belajar dan Pembekalan Mental Mengajar di Pondok Pesantren Walisongo

Rabu (15/09/2021) pukul 13.00 WIB, telah dilaksanakan penyerahan peserta PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta di Yayasan Pondok Pesantren Walisongo, Sungkul, Plumbungan, Karangmalang, Sragen. Peserta PPL yang ditempatkan di pondok tersebut berjumlah dua mahasiswi dan  didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Krisbowo Laksono, M.Hum. Acara penyerahan peserta PPL dilaksanakan di Pendopo Dalem Pondok Pesantren Walisongo, dihadiri oleh ketua yayasan pondok yakni Afif Al-Ayyubi, S.Ag dan lurah pondok putri yakni Lailatul Badriyah.

Kegiatan PPL di Pondok Pesantren Walisongo berlangsung selama dua minggu terhitung dari tanggal 15 September 2021 – 27 September 2021. Peserta PPL yang sudah terpilih melaksanakan PPL di Pondok Pesantren Walisongo dianjurkan untuk bermukim di pondok hingga kegiatan PPL berakhir. Peserta PPL diwajibkan mematuhi seluruh aturan pondok serta mengikuti beberapa kegiatan pondok seperti yang telah dijadwalkan oleh pengurus pondok. Kebutuhan dasar peserta PPL ditanggung oleh pondok, seperti kamar, lemari, konsumsi tiga kali sehari, kebutuhan listrik serta kebutuhan air.

Kegiatan rutin yang wajib diikuti peserta PPL diantaranya Sholat 5 waktu berjamaah, apel pagi bersama seluruh dewan pondok putri, menjadi Pengajar Aqidah Akhlak tingkat SMP maupun sebagai asisten pengajar, kegiatan literasi filsafat (membaca, menulis, dan diskusi filsafat) bersama Gus Afif yang tidak lain adalah alumni prodi Aqidah Filsafat Islam UIN Raden Mas Said Surakarta angkatan 2014. Selanjutnya, tadarus Al-Qur’an ba’da Maghrib, serta mendampingi kegiatan belajar mandiri santri atau yang akrab disebut “BM” yang dilaksanakan ba’da Isya’.

Pada hari-hari tertentu terdapat acara-acara besar Pondok Pesantren Walisongo. Mahasiswi peserta PPL di pondok pesantren Walisongo juga diwajibkan mengikuti acara-acara besar tersebut. Diantara acara yang diikuti peserta PPL sejak penyerahan pada tanggal hingga hari ini tanggal 19 September adalah acara pembacaan Sholawat Nariyah & Maulid Al-Barzanji dan acara kampanye Capres dan Cawapres ISWA (Ikatan Santri Walisongo).

Acara pembacaan Sholawat Nariyah & Maulid Al-Barzanji dilaksanakan pada Malam Jumat Legi tepatnya tanggal 17 September 2021. Ba’da Isya acara dimulai dan berlangsung hingga pukul 21.00 WIB di Aula Pondok Putri. Acara ini dihadiri seluruh santri baik putra maupun putri. Acara yang diadakan satu kali dalam satu bulan ini dilaksanakan untuk memperingati weton pengasuh pondok pesantren Walisongo Sragen yakni KH. Ma’ruf Islamuddin.

Sedangkan acara besar yang diikuti selanjutnya adalah pelaksanaan kampanye Capres dan Cawapres ISWA (Ikatan Santri Walisongo). Acara berlangsung sangat meriah dengan dihadiri seluruh santri putra dan santri putri pada Malam Minggu, 18 September 2021. Terdapat 3 paslon putra dan 3 paslon putri yang didukung oleh tim sukses masing-masing paslon yang juga santri Pondok Pesantren Walisongo. Setiap tahunnya acara ini diadakan dengan Capres dan Cawapres dari kelas 11 dan bertempat di halaman SMP & SMA Walisongo Sragen.

Kegiatan inti dalam pelaksanaan PPL di Pondok Pesantren Walisongo ini adalah praktik mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak di SMP Walisongo Sragen. Praktik mengajar dilakukan pada tanggal 17 – 18 September 2021. Praktik mengajar lainnya dilakukan pada malam hari untuk mendampingi santri belajar malam dimulai dari pukul 20.00 – 21.30 WIB. Dalam kegiatan belajar mandiri malam hari seluruh santri wajib mengikuti, mereka belajar sesuai dengan kelompok kelas mereka dan didampingi oleh dewan pengurus yang sudah ditugaskan. Disana para santri tidak hanya mengerjakan tugas sekolah tetapi juga belajar materi yang mereka anggap sulit seperti Bahasa Jawa, Matematika, dan Bahasa Inggris. Namun, sebelum melakukan praktik mengajar, mahasiswi peserta PPL dibekali dengan materi singkat mengenai metode belajar dan pembekalan mental mengajar di Pondok Pesantren Walisongo. [KDN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*