AFI

Mahasiswa AFI Pelajari Seni dan Budaya Jawa di Rumah Budaya Kratonan Surakarta

Mahasiswa AFI Pelajari Seni dan Budaya Jawa di Rumah Budaya Kratonan Surakarta

Pada hari Selasa, 07 September 2021 pukul 14.00 WIB dilaksanakan penyerahan mahasiswa PPL Prodi Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) UIN Raden Mas Said Surakarta kepada Rumah Budaya Kratonan Surakarta. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Siti Nurlaili selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sekaligus Kaprodi AFI, didampingi oleh Ibu Alfina Hidayah selaku sekprodi. Selanjutnya Ibu Sita sebagai Manajer Pengelola yang menerima mahasiswa PPL.

Setelahnya mahasiswa dikenalkan dengan lingkungan Rumah Budaya Kratonan dan kegiatan yang ada di sana. Kemudian hari berikutnya dilakukan pembagian kelompok yang menggunakan jadwal shift yaitu shift pagi dan shift siang, yang mana setiap shift terdapat tiga mahasiswa. Setelah pembagian jadwal masing-masing mahasiswa diberi tugas di tempat-tempat yang sudah ditunjukkan yaitu Galeri, Perpustakaan, dan Kantor. Pada hari-hari berikutnya dilakukan kegiatan yang sama sehingga para mahasiswa saling merasakan masing-masing bidang. Setelah itu, mahasiswa melakukan diskusi bersama dengan pengelola Rumah Budaya Kratonan Surakarta untuk menyampaikan ide-ide mengenai hal-hal yang dilakukan dalam beberapa hari kedepan.

Pada hari Jumat, 10 September 2021 pukul 10.00 mahasiswa PPL mulai melaksanakan ide-ide yang telah disepakati bersama. Memulai pembagian fokus bidang-bidang tertentu yaitu pertama bidang galeri yang beranggotakan Irfan Rahmat Kurnia dan Taufik Aprianto Adi. mereka melaksanakan kegiatan di sekitar galeri dan fokus menyelesaikan ide-ide tentang galeri. Yang kedua dalam bidang perpustakaan beranggotakan Rosa Nur Laili dan Ratna Ida Khumaeroh. keduanya melaksanakan kegiatan disekitar perpustakaan dan berfokus menyelesaikan ide-ide tentang perpustakaan. Yang terakhir diluar ruangan yang meliputi banyak bidang mulai dari taman, aula, mading, dan lain-lain yang beranggotakan Desqy Alvian Rahmaputra dan Indah Maulida. mereka melakukan kegiatan-kegiatan sekitar Rumah Budaya Kratonan Surakarta.

Kegiatan PPL ini berlangsung selama 2 minggu mulai dari tanggal 7 September sampai dengan 21 September 2021, yang mana pada hari terakhir diisi dengan kegiatan presentasi masing-masing mahasiswa terkait kegiatan yang telah dilakukan selama berada di Rumah Budaya Kratonan Surakarta. [IR/RIK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*