AFI

“Urgensi Kajian Pemikiran Islam dalam membangun Sikap Moderasi Beragama” Tema Pengabdian Prodi AFI tahun 2021 di Ponpes Darul Afkar Klaten

“Urgensi Kajian Pemikiran Islam dalam membangun Sikap Moderasi Beragama” Tema Pengabdian Prodi AFI tahun 2021 di Ponpes Darul Afkar Klaten

Klaten, 10/4/21 – dalam rangka menunaikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, maka Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta membagi pelaksanaan tersebut kedalam dua kelompok kegiatan, yang pertama berlokasi di Desa Demakijo Karangnongko Klaten, kedua di Pondok Pesantren Darul Afkar Desa Tegalrejo, Ceper Klaten.

Pada kelompok kegiatan pengabdian kedua tersebut diawali dengan sambutan Sekretaris yayasan Pondok Pesantren Darul Afkar yakni Ahmad Saifuddin, M.Psi., Psikolog. kemudian dilanjutkan dengan sambutan Program Studi Aqidah dan Filsafat islam yang diwakili oleh Sekprodi AFI Alfina Hidayah, B.A. (Hons)., M.Phil. Adapun tema yang diusung adalah “Urgensi Kajian Pemikiran Islam dalam membangun Sikap Moderasi Beragama” dengan narasumber Dr. H. Syamsul Bakri S.Ag., M.Ag. dan Krisbowo Laksono, S.Ud., M.Hum. Bukan hanya dosen program studi, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai petugas acara dan kepanitiaan yaitu Munawar Holil (mahasiswa angkatan 2018) sebagai moderator dan Ahmad Mukhtar Luthfi (Mahasiswa angkatan 2019) sebagai notulen acara.

Tema kegiatan di pondok pesantren Darul Afkar dirasa sangatlah releven dengan fokus kajiannya seputar pemikiran Islam dan kajian Tasawuf, sehingga dalam menumbuhkan sikap moderat dalam beragama, semestinya dapat dimulai dengan bagaimana ajaran agama dikaji secara mendalam dan meluas, khususnya dalam kajian pemikiran islam sehingga agama tidak difahami secara sempit dan kaku hingga melakukan aksi-aksi radikal. (AHM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*